Me and mountains

Sabtu, 11 Januari 2014

Gunung Papandayan ..... diakhir tahun 2013

Akhirnya pendakian ke Papandayan dapat terealisir walau dengan 6 peserta  yaitu  Astreen , Ester dan Jono, Akiang dan Apeng  serta saya  sendiri .

TEAM PAPANDAYAN

Gunung Papandayan adalah  gunung api yang terletak di Kabupaten Garut , Jawa Barat  tepatnya di Kecamatan Cisurupan . Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung .

Rencana awalnya  menggunakan angkutan umum ke Garut tetapi akhirnya diputuskan  untuk menggunakan kendaraan Pribadi sdr Apeng  … kita cukup sharing bensin  dan tol aja .....Senangnya tidak jadi bersusah payah mengejar Bus ke kampung rambutan malam hari  .

Meeting point ditentukan dilobby apartemen Mediterania  sabtu pagi hari pukul 04.00 wib .Setelah seluruh peserta kumpul kira2 pukul 05.00  , kami segera berangkat dan tiba di garut kira2 pukul 10.00 wib …. Sarapan dan langsung menuju menuju Cijulang dan  dipertigaan cisurupan ambil jalan yang lurus jangan berbelok kekiri , sebagai patokan di pertigaan cisarupan ini ada plang selamat datang di Gunung papandayan .
Dari pertigaan menuju plataran parkir di kaki gunung papandayan jalanan sangat rusak dan tidak direkomendasikan menggunakan kendaraan pribadi , kita dapat menggunakan ojek atau sewa pickup yang dapat mengantar kita ke plataran parkir tepat dikaki Gunung Papandayan , Tetapi kita tetap menggunakan kendaraan pribadi walau akhirnya ditengah jalan tetap dibantu supir setempat yang mengerti bagaimana mengatasi medan  tersebut.

Tiba di plataran parkiran kira2 pukul 11 .00 . plataran parkiran yang cukup luas banyak terdapat warung-warung yang menjual makanan.
Dari parkiran kita dapat langsung melihat Gunung Papandayan yang cantik .setelah dilakukan packing ulang dan  kami bersepakat menggunakan 3 porter  Dedi dan 2 saudara laki2nya (Dedi 081999686257 ).
Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. trek lumayan curam dan berbukit .
Trek awal yaitu trek  menuju pondok seladah , yaitu tempat kami akan bermalam . dalam perjalanan kami disuguhkan dengan kawah Papandayan yang sangat mempesona dengan tebing-tebing tinggi yang luar biasa …. Hanya dalam trek ini agak tergagnggu dengan bau belerang yang keluar dari kawah2 yang kita lalui jadi jika ingin ke Papandayan  Jangan lupa membawa masker .Untung saya selalu membawa Buff .... tutup kepala yang mempunyai multi fungsi.

Setelah  melintas kawah diusulkan oleh porter agar kita melalui  jalan  pintas  yang sedikit terjal mengingat cuaca yang mulai gerimis  sehingga diharapkan tiba di seladah masih cerah . mendekati pondok seladah  kita sempat diguyur hujan dan tiba di lokasi camping pukul  15.45 wib ….. porter dengan cekatan mendirikan tenda ……waktunya makan … ngupi … ganti baju dan beristirahat ……….. Ternyata menjadi malam yang panjang ..…kita hanya bisa didalam tenda  karena hujan  yang tiada henti sepanjang malam dan baru besok pagi kita berencana ke Tegal alun .

Pagi hari kira2 pukul 6 setelah sarapan ringan kami mulai bersiap ke Tegal alun 2 porter tetap dilokasi menunggu di tenda ,.kami sedikit memutar melewati hutan mati dan trek yang cukup terjal  dan licin  kemudian  jalanan setapak  yang mulai datar  mendekati tegal  Alun ,  kira-kira 30 menit kami tiba di Tegal Alun  yang merupakan merupakan tempat dengan ratusan pohon abadi Edelweis  info dari porter kami sebelumnya eidelweis ini lebih banyak dari sekarang .

Menuju Tegal Alun

Waktu kami isi dengan berfoto ria , Ester, astreen dan akiang membawa topi sinterklass ….. ide yang baik, kami pun beraksi yesssssssssss … teringat aku sahabat2 baikku dan akupun meminjamnya untuk para sahabatku

Aku dan astreen berniat menggapai puncak tetapi mengingat cuaca tidak begitu bersahabat dan teman yang lain terlihat tidak berselera maka niat kami dibatalkan … mungkin lain kali saja . Keindahan tegal alun dengan ladang edelweisnya sudah memuaskan kami  setelah  hampir 1 jam 30 menit  kami  segera berjalan kembali ke pondok seladah

BERMAIN DI LADANG EDELWEIS TEGAL ALUN

Perjalanan  kembali menuju pondok seladah tidak terasa melelahkan karena pemandangan yang sangat indah  dan teman berjalan yang tidak membosankan dengan celoteh2 lucu nya. Kami melewati hutan mati  dan dapat melihat area camping  pondok seladah …. Kurang lebih 45 menit perjalanan santai  dan berfoto ria kami tiba di pondok seladah … waktunya makan enak dan makan banyak

Perjalanan menuju pondok seladah dari Tegal Alun

Pondok seladah

Setelah makan enak dan banyak  kita packing kembali untuk menuruni bukit menuju plataran parkir … kira2 pukul 10.15 perjalanan turun dimulai jalan yang kami tempuh berbeda dengan jalan waktu kita naik …. Melewati hutan bukit nan hijau dan kawah yang tak henti mengeluarkan asap belerang… baru kali ini kami  dapat bermain di kawah yang luar biasa Indah  dan sempat menggunakan belerang untuk masker yang katanya bisa awet muda ....Amin
Trek dari Pondok seladah menuju Plataran Parkir
Keindahan tebing kadang tertutup kabut … bermain dan berfoto ria diarea kawah membuat kami lupa …hampr 3 jam kami diarea tersebut dan pukul 13.30 kami tiba di parkiran
Mendekati Parkiran

….. setelah berganti pakaian di rumah Dedy di pertgaan cisurupan kami meninggalkan garut dan tidak lupa makan malam dan  dan membeli oleh2 chocodot